Ming. Apr 21st, 2024
Standar Ukuran Lapangan Bola Basket Menurut Aturan FIBA

Ukuran lapangan bola basket sangat penting dalam memastikan bahwa permainan berjalan dengan adil dan sesuai dengan aturan. Aturan FIBA (Federation Internationale de Basketball) telah menetapkan standar ukuran lapangan yang harus dipatuhi oleh semua tim dan arena bola basket di seluruh dunia.

Ukuran Lapangan

Menurut aturan FIBA, ukuran lapangan bola basket harus memiliki panjang 28 meter dan lebar 15 meter. Ini termasuk garis batas lapangan yang memiliki lebar 5 cm. Garis batas lapangan ini digunakan untuk menentukan posisi pemain dan bola saat bermain.

Lapangan dibagi menjadi dua bagian yang sama oleh garis tengah yang membentang dari satu sisi ke sisi lainnya. Garis tengah ini juga digunakan untuk memulai permainan dengan melakukan jump ball.

Ring dan Papan Skor

Standar FIBA juga mengatur ukuran dan posisi ring serta papan skor. Tinggi ring harus 3,05 meter dari permukaan lantai. Ring harus terbuat dari baja tahan karat dan memiliki diameter dalam 45 cm. Sementara itu, papan skor harus terbuat dari bahan yang kuat dan memiliki ukuran 1,80 meter x 1,05 meter.

Posisi ring harus berada di tengah-tengah garis akhir lapangan dan ditempatkan dengan jarak 1,20 meter dari papan skor. Hal ini memastikan bahwa pemain dapat melompat dan mencetak gol dengan mudah.

Area 3 Poin

Aturan FIBA juga mengatur area 3 poin, yang merupakan area di mana pemain dapat mencetak gol dengan nilai 3 poin. Area ini terletak di sekitar garis 3 poin, yang memiliki jarak 6,75 meter dari pusat ring. Garis ini membentuk setengah lingkaran dengan radius 6,75 meter.

Area di dalam garis 3 poin ini juga memiliki garis batas yang disebut garis 3 poin. Jika pemain berada di atas garis ini saat melempar bola, maka gol yang dicetak akan bernilai 3 poin.

Area Rebound

Area rebound adalah area di sekitar ring di mana pemain dapat mengambil bola yang terlempar dari papan skor. Area ini terdiri dari area di dalam garis 3 poin dan area di luar garis 3 poin.

Aturan FIBA juga mengatur bahwa pemain tidak boleh berada di dalam area rebound lawan saat bola masih di udara. Hal ini untuk mencegah pemain melakukan gangguan saat pemain lawan mencoba mengambil bola rebound.

Penyesuaian untuk Lapangan di dalam Ruangan

Aturan FIBA juga memperhitungkan lapangan bola basket di dalam ruangan. Jika lapangan berada di dalam ruangan, maka harus ada jarak minimal 2 meter dari garis akhir lapangan ke dinding terdekat. Hal ini untuk memastikan bahwa pemain memiliki ruang yang cukup saat bermain di sisi lapangan yang dekat dengan dinding.

Standar ukuran lapangan bola basket menurut aturan FIBA ini sangat penting untuk memastikan permainan yang adil dan konsisten di seluruh dunia. Dengan mengikuti aturan ini, semua tim dan arena bola basket dapat memastikan bahwa mereka bermain dengan ukuran lapangan yang sama.


Warning: Undefined variable $post in /home/u762425294/domains/librosfullgratis.com/public_html/wp-content/themes/newsup/inc/ansar/hooks/hook-index-main.php on line 117

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *