Kam. Mei 23rd, 2024
Peran Vital Kompetisi VNL 2024 dalam Seleksi Olimpiade Paris 2024

Kompetisi resmi FIVB ini akan menjadi penentu bagi tim-tim yang masih bersaing untuk mendapatkan tiket menuju Olimpiade 2024 di Paris. Maka, pertandingan VNL 2024 akan menjadi sangat kompetitif karena peringkat FIVB dunia akan menjadi faktor penentu dalam memperoleh poin kemenangan.

Kelompok tim yang berada di peringkat enam teratas akan berhasil mendapatkan tiket terakhir untuk berkompetisi dalam cabang olahraga bola voli di Olimpiade. VNL akan memiliki peran penting dalam proses seleksi Olimpiade Paris 2024 yang akan membawa 12 tim nasional pria dan wanita ke acara tersebut, hal ini baru terjadi kali pertama.

Tujuh tim dari setiap kategori jenis kelamin telah mengamankan tiket mereka menuju Paris, negara tuan rumahnya yaitu Perancis. Selain itu, ada enam tim putra dan putri yang berhasil melaju dalam Turnamen Kualifikasi Olimpiade Bola Voli pada tahun sebelumnya. Agar prinsip universalitas di Olimpiade dipenuhi, setiap benua harus memiliki perwakilan di Paris.

Posisi akhir tim yang bersaing di Fase Penyisihan VNL 2024 akan sangat dipengaruhi oleh Peringkat Dunia Bola Voli FIVB pada bulan Juni. Lima tempat tersisa untuk setiap jenis kelamin akan ditentukan melalui peringkat tersebut.

Dalam sistem penilaian FIVB World Rankings, setiap pertandingan Fase Penyisihan VNL akan berdampak pada jumlah total poin tim yang terlibat. Berdasarkan pada peringkat dunia FIVB, tim-tim yang terlibat dalam pertandingan akan mendapatkan atau kehilangan berbagai jumlah poin.

Menentukan Tiket Terakhir dan Dinamika Persaingan Tim-tim Bola Voli Internasional

Menantang lawan yang memiliki peringkat lebih tinggi memberikan kesempatan yang lebih baik untuk meningkatkan skor jika berhasil dan kesempatan yang lebih rendah untuk merugikannya dalam keadaan kalah. Di samping itu, ketika berhadapan dengan lawan yang memiliki peringkat yang lebih rendah, pembatasan potensi pendapatan menjadi lebih rendah seiring dengan kemenangan, tetapi pada saat yang sama, terdapat risiko kehilangan jumlah poin yang lebih besar yang lebih signifikan.

Saingan teratas di sektor putra klasemen sementara saat ini adalah Italia dengan skor 342,43 poin, disusul oleh Argentina dengan 314,35 poin, Slovenia dengan 307,12 poin, dan Serbia dengan 253,22 poin. Ketika VNL 2024 dimulai, Paris 2024 menyambut dengan semangat tinggi para kandidat yang memiliki peluang besar untuk merebut empat tempat. Selain itu, tim-tim seperti Kuba (236,96), Belanda (214,58), Turkiye (210,73), Iran (207,82), dan Bulgaria (160,07) juga tidak boleh diabaikan karena peluang mereka juga tidak bisa dianggap enteng.

Empat tim teratas yang belum berhasil lolos adalah Italia dengan skor 338,97, Tiongkok dengan skor 329,65, Jepang dengan skor 305,09, dan Belanda dengan skor 287,94. Bulgaria (165.39) akan berupaya meningkatkan kesempatannya dengan keberhasilan yang baik di VNL sedangkan Korea (93.72) muncul dengan margin yang cukup jauh.

Kompetisi VNL 2024 dimulai pada tanggal 14 Mei, dengan pertandingan kategori putri yang berlangsung di Antalya, Turkiye, dan Rio de Janeiro, Brasil. Di minggu berikutnya, pertandingan putra pertama dari turnamen keenam akan diadakan di kota yang sama.

Daftar Tim Voli Yang Lolos Masuk Olimpiade 2024:

Pria

1. Jerman
2. Brasil
3. Amerika Serikat
4. Jepang
5. Polandia
6. Kanada
7. Prancis (Tuan rumah)

Putri

1. Republik Dominika
2. Serbia
3. Turkiye
4. Brazil
5. AS
6. Polandia
7. Prancis (Tuan rumah)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *